Tugas MPPL - Resume Kuliah Tamu


Fit for the Future : A Sharing of Experience

Oleh : Ahmadsyah Alghozi Nugroho (International Oil Company, Netherlands)

Nama : Ifta Jihan N
NRP : 05111740000034
Kelas : MPPL E

Pak Ahmadsyah Alghazi Nugroho atau yang biasa dipanggil Pak Holly merupakan seorang Technical Data Consultant yang memiliki banyak pengalaman kerja. Beliau pernah bekerja di Landmark Graphics Netherlands. 

Beliau merupakan alumni Informatika ITS, dan bercerita saat magang pertama kali di PT. Badak. Saat itu beliau mempelajari Oracle dari awal karena beliau tertarik. Setelah magang, beliau pernah bekerja sebagai Oracle Developer Programmer & DBA, Oracle Trainer (Freelance), VICO, IT Consultans di Landmark, dan kini beliau bekerja sebagai Data Architect di Shell Belanda.

Pak Holly juga membagikan pengalaman-pengalaman yang beliau dapat di dunia kerja dan perjalanan yang beliau lalui menuju kesuksesan seperti saat ini. Menurut beliau, hal-hal penting yang perlu dicapai yaitu:


1. Interest
    Interest atau ketertarikan merupakan langkah awal yang harus diperlukan untuk mencapai kesuksesan. Apabila kita telah menentukan interest kita, maka kita akan selalu bersungguh-sungguh untuk menekuninya. Sejak SMP dan SMA, Pak Holly telah memiliki ketertarikan dengan komputer. Ketertarikan awal tersebut membuat beliau selalu bersungguh-sungguh ketika menjalani kuliahnya di Informatika.
Salah satu kalimat motivasi yang diberikan beliau:
Where there's a will, there's a way. If there's no way that could be found, look at how strong the will is.

2. Vision Board
    Vision Board ini diperlukan agar kita akan selalu ingat dengan apa saja goals yang ingin kita capai. Sehingga dengan melihat Board yang telah kita buat, kita akan bersemangat kembali dan bersungguh-sungguh untuk mencapainya.

3. Job Training
   Saat kita memasuki dunia kerja, kita perlu mempertimbangkan kesempatan/tawaran kerja yang ada. Jangan menyia-nyiakan kesempatan yang bagus. Dan hal yang harus diperhatikan adalah, pastikan kita memiliki interest pada pekerjaan tersebut.
     
4. Specialist dan Generalist
  Jangan terlalu terpaku dalam memilih antara menjadi specialist atau generalist. Jadilah keduanya (Specialist-Generalist), yaitu seseorang yang menguasai satu bidang, kemudian mengembangkan kemampuannya di bidang lain untuk mencapai tujuan utamanya. Sesuaikan dengan kondisi pasar yang ada saat ini, dan tidak perlu ragu untuk melakukan adaptasi seperti berpindah dari specialist ke generalist maupun sebaliknya.

5. Skill yang diperlukan
    Selain skill yang diperlukan untuk sarjana IT, ada beberapa skill yang beliau jelaskan seperti business skill, domain skill, communication skill (public speaking), leadership skill (authencity, collaboration, interaction), networking skill (mentorship), dan masih banyak lainnya.

TOP 10 DIGITAL TRANSFORMATION TRENDS FOR 2020

  1. 5G for You and Me
  2. A faster WiFi for a faster world
  3. Analytics are the Competitive Advantage
  4. AI and Machine Learning become force multipliers for data analytics
  5. Blockchain moves beyond Crypto
  6. RPA catches a second wind
  7. Conversational AI becomes a legitimate interface
  8. ACPCs transform the laptop market forever
  9. Connected vehicles, autonomous drones and Smart Cities become our new reality
  10. XaaS, UX/CX, and privacy: How technology-adjacent Digital Transformation trends will take to center stage in 2020



Comments

Popular Posts