Tugas MPPL - Project yang Sedang Berkembang

Sophia Robot 

Nama : Ifta Jihan N
NRP : 05111740000034
Kelas : MPPL E

Sophia Robot adalah robot humanoid yang dikembangkan oleh perusahaan berbasis di Hong Kong, Hanson Robotics. Robot tersebut dirancang untuk memberikan jawaban berbagai pertanyaan dan telah "diwawancara" di seluruh dunia.

Sophia Robot

Sophia juga meniru gerak tubuh manusia dan ekspresi wajah serta mampu menjawab pertanyaan tertentu dan melakukan percakapan sederhana mengenai topik yang telah ditentukan (misalnya tentang cuaca). Robot ini menggunakan teknologi pengenalan suara dari Alphabet Inc. (perusahaan induk Google) dan dirancang untuk menjadi lebih pintar dari waktu ke waktu. Perangkat lunak intelijen Sophia dirancang oleh SingularityNET. Program AI menganalisis percakapan dan mengekstrak data yang memungkinkannya memperbaiki tanggapan di masa depan.



Analisis proyek:

  • Time
    • Sophia Robot diaktifkan tanggal 19 April 2015, dan masih akan terus dikembangkan untuk meningkatkan fitur dari robot tersebut.

  • Cost
    •         Diperkirakan proyek ini menghabiskan biaya sebesar $2,500,000. Sophia memiliki robot lain yang serupa namun memiliki ukuran yang lebih kecil yaitu setinggi 14". Little Sophia merupakan robot untuk anak-anak, dia dapat memperkenalkan coding, technology dan AI dengan cara yang menyenangkan untuk anak-anak. Little Sophia dapat dibeli dengan harga antara $99 dan $149

    • Scope
    •        Sophia Robot ini ditujukan untuk membantu orang-orang dalam bidang kesehatan dan edukasi, dan untuk membantu riset AI. Sophia diharapkan dapat menjalin hubungan dan membangun kerjasama yang baik antara robot dan manusia untuk membuat kontribusi yang positif untuk kedepannya.

    • Feature
    •       Sophia dapat berbicara, merespon pertanyaan orang lain serta mengeskpresikan perasaannya (facial expression). Sophia dapat bergerak dan menirukan mimik wajah manusia. Sophia juga dapat berpidato, dan juga sudah beberapa kali diwawancarai oleh beberapa acara televisi. Sophia dapat dengan otomatis mencari informasi tentang orang tersebut, bahkan sebelum orang tersebut memberitahu informasi personalnya. Selain itu, sophia juga dapat bernyanyi dan memiliki selera humor yang tinggi.

    Comments

    Post a Comment

    Popular Posts