TUGAS 1 - APSI C

Tugas 1 - Analisa Sistem Informasi Airbnb

Nama : Ifta Jihan Nabila
NRP   : 05111740000034
Kelas : APSI C

Sebelumnya, mari kita mengetahui pengertian dari Sistem Informasi terlebih dahulu.

Sistem Informasi adalah sebuah sistem yang mana terdiri dari teknologi atau alat, media yang digunakan, prosedur yang terorganisir, serta sumber daya manusia yang didalamnya bekerja sebagai sebuah kombinasi membentuk sebuah sistem yang terorganisir. Kombinasi antara teknologi dan manusia ini bekerja untuk mendapatkan sebuah informasi yang kemudian digunakan untuk mendukung suatu manajemen guna mengambil sebuah kebijakan atau keputusan.

Adapun Komponen-komponen Sistem Informasi adalah:
  1. Komponen Input
    Input merupakan data yang masuk ke dalam sistem informasi.
  2. Komponen Model
    Kombinasi prosedur, logika, dan model matematika yang memproses data yang tersimpan di basis data dengan cara yang sudah ditentukan untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.
  3. Komponen output
    Output informasi yang  berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen serta semua pemakai sistem.
  4. Komponen Teknologi
    Teknologi merupakan alat dalam sistem informasi, teknologi digunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan output dan memantau pengendalian sistem.
  5. Komponen Basis Data
    Merupakan kumpulan data yang saling berhubungan yang tersimpan di dalam komputer dengan menggunakan software database.
  6. Komponen Kontrol
    Pengendalian yang dirancang untuk menanggulangi gangguan terhadap sistem informasi.

Selanjutnya, saya akan menganalisa Sistem Informasi dari Airbnb.

Berkas:Airbnb Logo Bélo.svg

Airbnb adalah sebuah online marketplace bagi orang-orang yang ingin menyewa dan menyewakan kamar pribadi, apartemen ataupun rumahnya. Biasanya, orang-orang menyewakan rumahnya secara harian seperti kamar hotel. Bagi pemilik kamar, apartemen ataupun rumah, ini bisa jadi penghasilan tambahan. Dan bagi pengguna/tamu, ini bisa jadi salah satu alternatif untuk mendapatkan local experience dan akomodasi yang lebih murah dibandingkan menginap di hotel. Saat ini, Airbnb mencakup 2.000.000 properti di 34.000 kota dan 191 negara. Airbnb didirikan pada bulan Agustus 2008 dan berkantor pusat di San FranciscoCalifornia. Perusahaan ini dimiliki dan dioperasikan secara tertutup (swasta).

Fitur-fitur yang ada pada Airbnb:
  1. Booking penginapan, tempat penginapan yang disediakan beragam. Bisa berupa apartemen, hotel, dan rumah.
  2. Airbnb menyediakan fitur Experiences, para pengguna airbnb dapat memesan paket untuk wisata seperti Hiking, Snorkling, Melihat pertunjukkan musik, dsb.
  3. Airbnb juga menyediakan fitur Restaurants, fitur itu menampilkan review untuk tempat makan beserta harganya.
  4. Airbnb Plus, fitur terbaru ini menawarkan tempat penginapan berupa rumah yang telah terverifikasi, memiliki kualitas yang tinggi dibandingkan dengan fitur booking penginapan biasa.
  5. Become a host, pengguna airbnb juga dapat menjadi host untuk tempat penginapan maupun untuk experiences (tour guide).

Berikut ini merupakan bagan dari Struktur Organisasi Airbnb

Berikut ini adalah Bagan Sistem Informasi untuk Airbnb



Transaction Processing Systems

Transaction Processing Systems (TPS) Merupakan sistem yang menjadi pintu utama dalam pengumpulan dan pengolahan data pada suatu organisasi. Tugas utamanya yaitu mengumpulkan dan mempersiapkan data untuk keperluan sistem informasi yang lain dalam organisasi, misalnya untuk kebutuhan sistem informasi manajemen, atau kebutuhan sistem informasi eksekutif.

Airbnb memiliki sistem pengolahan transaksi yang berupa transaksi untuk pemesanan tempat penginapan melalui aplikasi pada android atau web beserta pembayaran transaksi.



Management Information Systems

Management Information System (MIS), adalah suatu aplikasi Sistem Informasi yang menyediakan laporan informasi terpadu bagi pihak manajemen. MIS dihasilkan dari beberapa database yang menyimpan data dari banyak sumber, termasuk di dalamanya Transaction Processing System/TPS. MIS menyajikan informasi yang detail, rangkuman informasi dan informasi terpilih. 

Pada Airbnb, adanya fitur Messages yang berperan seperti Customer Service untuk memudahkan pelanggan dalam menggunakan aplikasi serta menampung saran dan kritik (ulasan) dari pelanggan yang nantinya akan dikumpulkan untuk laporan data terkait dengan pelanggan.

Decision Support Systems

Decision Support Systems (DSS) atau system pendukung keputusan adalah serangkaian kelas tertentu dari system informasi terkomputerisasi yang mendukung kegiatan pengambilan keputusan bisnis dan organisasi. Suatu DSS yang dirancang dengan benar adalah suatu system berbasis perangkat lunak interaktif yang dimaksudkan untuk membantu para pengambil keputusan mengkompilasi informasi yang berguna dari data mentah, dokumen, pengetahuan pribadi, dan/atau model bisnis untuk mengidentifikasikan dan memecahkan berbagai masalah dan mengambil keputusan.

Pada Airbnb, yang bertindak adalah Direktur Utama. Diantaranya berperan untuk membuat keputusan/kebijakan untuk kemajuan perusahaan. Contohnya, dapat memberikan solusi yang tepat untuk kritik yang diajukan oleh pelanggan.
Berikut ini merupakan chart dari Airbnb customer satisfaction di United States dan Europe pada tahun 2015-2017:

Executive Information Systems

Merupakan sistem berbasis komputer yang interaktif, yang memungkinkan pihak eksekutif untuk mengakses data dan informasi, sehingga dapat dilakukan pengidentifikasian masalah, pengeksplorasian solusi, dan menjadi dasar dalam proses perencanaan yang sifatnya strategis.

Pada Airbnb, yang bertindak adalah Komisaris Utama. Diantaranya berperan untuk membuat kebijakan, prosedur, dan standar pada perusahaan serta menjalin kerjasama antar perusahaan. 

Terimakasih.

Comments

Popular Posts